31 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
BerandaHealthBerbagai Obat Alami untuk Vertigo

Berbagai Obat Alami untuk Vertigo

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Vertigo bukanlah penyakit, melainkan gejala dari kondisi medis tertentu. Penyebab tersering keluhan ini adalah benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) yang terjadi akibat gangguan keseimbangan dalam telinga yang dipicu oleh perubahan posisi kepala secara mendadak

Meskipun umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya, vertigo kerap mengganggu aktivitas. Untuk meringankan keluhan ini, bahkan mencegah kekambuhannya, Anda dapat mencoba beberapa obat vertigo alami yang ampuh dan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri di rumah.

Berbeda dengan pusing yang akan menimbulkan keluhan seperti kliyengan, lemas dan seperti akan pingsan, orang yang mengalami vertigo akan merasakan tubuhnya maupun lingkungannya seakan berputar.

Keluhan vertigo berkaitan dengan pusat keseimbangan yang berada di dalam telinga. Dilansir dari alodokter, untuk mengatasi keluhan ini, ada beberapa obat vertigo alami yang dinilai efektif, yaitu:

1. Ginkgo biloba

Ginkgo biloba merupakan salah satu obat vertigo alami yang telah banyak diteliti khasiatnya dan terbukti sama efektifnya dengan obat yang diresepkan dokter untuk mengurangi keluhan vertigo. Manfaat ini diperoleh dengan mengonsumsi ekstrak ginkgo biloba sekitar 240 miligram per hari.

2. Teh jahe

Selain mengurangi nyeri kepala akibat migrain, teh jahe juga dapat menjadi obat vertigo alami. Tidak hanya itu, jahe dapat membantu mengurangi beberapa gejala umum yang menyertai vertigo, seperti mual dan muntah. Hal ini berkat kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung di dalamnya.

Jika sakit kepala akibat vertigo mulai terasa, cobalah minum secangkir teh jahe untuk meredakannya. Jika perlu, minum secangkir lagi 1–2 jam kemudian.

3. Air putih

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa memicu kambuhnya vertigo. Dehidrasi juga terkadang bisa mengganggu konsentrasi dan memperburuk gejala vertigo.

BACA JUGA :  Sering Minum Obat Ini Bisa Picu Gangguan Pendengaran?

Untuk menghindari kondisi ini, pastikan kebutuhan cairan Anda terpenuhi. Caranya adalah dengan banyak minum air putih, terutama saat berolahraga atau ketika cuaca sedang sangat panas.

4. Jamur

Sebagai makanan yang mudah diperoleh dan diolah serta sarat akan nutrisi, jamur dapat menjadi salah satu obat vertigo alami. Manfaat ini diperoleh dari tingginya vitamin D yang dapat Anda peroleh saat mengonsumsi jamur. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang mengaitkan kekurangan vitamin D dengan kekambuhan vertigo dan keparahan gejalanya.

Selain mengonsumsi jamur untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin D, Anda juga dapat mengonsumsi makanan kaya akan vitamin D lainnya, seperti kuning telur, ikan sarden, tuna, maupun jus, susu, atau sereal yang telah diperkaya dengan vitamin D.

spot_img

Headline

Populer