30 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
BerandaHealthBikin Cantik dan Sehat, Ini 4 Vitamin Kulit yang Perlu Dikonsumsi

Bikin Cantik dan Sehat, Ini 4 Vitamin Kulit yang Perlu Dikonsumsi

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Memastikan bahwa kulit tetap sehat menjadi hal yang wajib kamu perhatikan. Sebab, kulit menjadi organ paling besar yang ada pada tubuhmu. Selain dari makanan, menjaga kulit tetap terjaga kesehatannya dan terawat bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi vitamin kulit.

Tak hanya itu, kamu juga perlu menggunakan produk perawatan kulit untuk mengoptimalkan kulit lebih cantik dan terawat. Ini termasuk losion pelembap dan tabir surya untuk membuat kulit tetap lembap dan terlindungi dari paparan sinar matahari berlebihan.

Sebenarnya, sinar matahari tidak selalu memberikan efek negatif untuk kesehatan kulit, kok. Paparannya pada pagi hari selama sekitar 10 menit saja

bisa membantu tubuh membentuk vitamin D pada semua bagian kulit.

Rekomendasi Vitamin Kulit untuk Kulit Lebih Sehat dan Terawat

Beberapa jenis vitamin memiliki efek yang baik untuk kesehatan kulit. Mendapatkan asupannya secara rutin, baik melalui makanan maupun suplemen tambahan bisa membantu melindungi kulit dari bahaya tanda penuaan. Ini termasuk flek hitam, keriput, kering, dan kasar.

Lalu, apa saja jenis vitamin yang sebaiknya kamu dapatkan setiap hari? Berikut rekomendasinya:

1. Vitamin C

Kandungan vitamin C paling tinggi berada pada lapisan epidermis dan lapisan dalam atau dermis. Jenis vitamin satu ini memiliki kandungan antioksidan

yang baik untuk melawan radikal bebas, sel kanker, sekaligus menjaga kulit tetap sehat. Inilah alasan mengapa vitamin C menjadi komposisi sebagian besar produk perawatan antipenuaan.

2. Vitamin K

Vitamin lainnya yang berperan penting dalam menjaga kulit tetap terawat dan sehat adalah vitamin K. Jenis vitamin ini dapat membantu proses pembekuan darah, melancarkan penyembuhan luka, area bekas operasi, dan memar.

Vitamin satu ini juga berperan untuk beberapa kondisi kulit, seperti noda hitam, pembuluh darah yang tampak di permukaan, lingkaran hitam pada bagian bawah mata, dan stretch mark.

Kamu bisa menemukan kandungannya dalam krim topikal yang fungsinya memberikan perawatan pada kondisi kulit tertentu. Dokter juga umumnya akan memberikan resep berupa krim dengan kandungan vitamin K, untuk pasien setelah operasi untuk mengurangi

memar dan bengkak.

3. Vitamin D

Vitamin D bisa kamu dapatkan ketika sinar matahari masuk dan terserap oleh tubuh. Ketika mendapatkan paparan sinar matahari, tubuh akan mengubah kolesterol menjadi vitamin D. Selanjutnya, organ hati dan ginjal mengambil vitamin ini dan menyalurkannya ke semua bagian tubuh untuk membantu memproduksi sel sehat.

Peran vitamin D sendiri begitu penting untuk kesehatan kulit. Bahkan, vitamin ini juga memiliki kemampuan untuk mengatasi psoriasis. Kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin ini dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D (tuna, salmon, dan ikan cod), berjemur pada pagi hari, dan mengonsumsi suplemen.

4. Vitamin E, pilihan vitamin kulit lainnya

Tak berbeda dengan vitamin C, vitamin E juga berperan sebagai antioksidan. Peran utama vitamin ini adalah memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan karena paparan sinar matahari. Vitamin E akan menyerap sinar UV yang membahayakan kulit dan mampu mengurangi potensi kerusakan yang terjadi karena sinar UV.

Umumnya, tubuh akan membuat vitamin E dari sebum, zat minyak yang tubuh keluarkan dari pori-pori kulit. Jika kadarnya seimbang, sebum bisa membantu membuat kulit tetap lembap dan tidak kering. Jika kamu memiliki kondisi kulit kering, menggunakan produk perawatan dengan vitamin E bisa membantu melembapkan dan meringankan peradangan.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer