29.8 C
Makassar
Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaHealthCara Kurangi Risiko Diserang Diabetes

Cara Kurangi Risiko Diserang Diabetes

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Diabetes bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Anda mencegah penyakit gula darah ini muncul meski memiliki riwayat dari keluarga. Berikut beberapa cara yang bisa Andalkan untuk menangkis kondisi diabetes yang berbahaya.

  1. Tekanan Darah Harus Stabil

Jaga tekanan darah agar tetap normal setiap hari agar risiko mengalami diabetes bisa menurun. Seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi biasanya memiliki tubuh yang memiliki banyak lemak dan pola makannya cukup buruk. Akhirnya aliran darah terpacu untuk meningkat dan menyebabkan komplikasi lainnya.

Jaga tekanan darah setiap hari agar masalah yang lebih serius seperti gangguan jantung hingga ginjal tidak terjadi. Rutinlah untuk mengukur tekanan darah ke klinik atau Anda bisa membeli sendiri alat pengukur detak jantung digital yang saat ini sudah bisa ditemukan di pasaran.

Kalau Anda cenderung memiliki detak jantung tinggi, evaluasi pola makan dan periksakan kesehatan. Jangan meremehkan tekanan darah meski hanya meningkat 10-20 poin saja dari batas normal.

2. Menekan Jumlah Kolesterol Jahat

Jaga kolesterol tubuh agar tidak terus naik setiap harinya. Naiknya level kolesterol pada tubuh bisa terjadi karena banyak hal. Yang paling sering adalah pola makan yang buruk. Terlalu banyak mengonsumsi santan, sesuatu yang berlemak, dan terlalu asin bisa menyebabkan seseorang mengalami kolesterol sekaligus diabetes.

Kolesterol yang tinggi juga bisa menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Endapan di dinding pembuluh darah yang tebal bisa menyebabkan penyumbatan. Dampaknya, seseorang bisa mengalami stroke.

3. Konsumsi Gula Harus Diturunkan

Salah satu pemicu utama dari kondisi diabetes yang dialami oleh banyak orang adalah tingginya gula darah. Kondisi ini bisa terjadi karena konsumsi gula di dalam tubuh terlalu besar. Oh ya, yang dimaksud gula tidak hanya gula meja atau apa saja yang terasa manis saja. Nasi putih pun juga masuk dalam kategori itu.

BACA JUGA :  Ternyata Timun Bisa Kendalikan Kadar Diabetes

4. Rutin Melakukan Olahraga

Lakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Olahraga bisa dijalankan dalam bentuk jalan kaki atau jogging ringan. Kalau Anda bisa melakukan olahraga di gym akan lebih baik lagi. Olahraga akan melancarkan aliran darah dan menggunakan gula darah yang dihasilkan dengan maksimal.

5. Melakukan Diet yang Tepat

Pola makan harus dijaga dengan baik. Karena sumber utama kondisi diabetes adalah gula darah, kita harus mengurangi asupan gula di dalam tubuh. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengurangi gula dan hanya mengonsumsi karbohidrat kompleks.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3