25 C
Makassar
Senin, Februari 6, 2023
BerandaHealthCara Memotong Kuku yang Benar

Cara Memotong Kuku yang Benar

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Memotong kuku adalah salah satu bagian dari perawatan kuku yang perlu dilakukan secara rutin. Meski begitu, tidak semua orang tahu cara memotong kuku dengan benar, sehingga kadang tepian kuku terasa perih, muncul luka di jari, atau bahkan sampai cantengan setelah memotong kuku.

Umumnya kuku bisa dipotong setiap 1–2 minggu sekali atau kapan pun ketika kamu merasa kuku sudah terlalu panjang. Nah, kamu bisa mengikuti tips memotong kuku yang benar berikut ini:

1. Gunakan alat yang tepat

Gunakan gunting yang dikhususkan untuk kuku jari. Umumnya, gunting kuku jari tangan lebih kecil dibandingkan yang ditujukan untuk jari kaki. Pastikan gunting kuku yang digunakan sudah dipastikan kebersihannya, tajam, dan tidak berkarat. Gunting kuku yang tumpul akan lebih sulit digunakan dan membuat hasil potongan kuku menjadi tidak rapi.

2. Persiapkan kuku

Memotong kuku lebih mudah jika dilakukan saat sedang lunak. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat kuku lebih lunak adalah dengan merendam jari dengan air hangat selama beberapa menit. Cara lainnya adalah dengan memotong kuku setelah mandi.

BACA JUGA :  Biar Kuku Sehat dan Cantik, Ini 9 Vitamin Yang Cocok Dikonsumsi

3. Potong kuku dengan tepat

Kuku jari tangan bisa dipotong mengikuti arah lekukan kuku dan sampai di atas batas garis menempelnya kulit dengan kuku. Lakukanlah dengan hati-hati agar tidak melukai kulit. Jangan memotong kuku terlalu dalam, apalagi sampai melebihi batas garis kuku.

Sementara itu, kuku kaki sebaiknya dipotong lurus, sehingga potongan ujung kuku kaki akan terlihat seperti persegi, bukan oval. Hindari memotong kuku kaki mengikuti lengkungan kuku untuk mencegah ujung kuku menekan atau menancap ke dalam kulit.

Tidak perlu memotong kutikula kuku, ya. Bakteri dan kuman akan lebih mudah masuk dan menginfeksi kuku jika kamu memangkas kutikula.

4. Haluskan tepian kuku

Terkadang ada sisa potongan kuku yang tidak rata atau kasar setelah memotong kuku. Kalau dibiarkan, bisa saja kulit terluka ketika sedang menggaruk. Nah, agar tepian kuku menjadi lebih halus, kamu bisa mengikirnya dengan alat kikir kuku. Kikirlah kuku dengan satu arah dari bagian pinggir ke arah tengah kuku.

BACA JUGA :  Cara Memutihkan Kuku Secara Alami

Setelah memotong kuku dan mengikirnya, gunakan pelembap di seluruh jari tangan dan kaki. Penggunaan pelembap akan membuat kuku tetap lembut, sehingga mencegah kuku rapuh dan patah. Kamu juga bisa memakai vitamin kuku agar kuku lebih sehat dan nampak indah.

Hindari memotong kuku dengan cara menggigitnya, ya. Menggigit kuku dapat meningkatkan risiko gigi retak atau patah, kuku rusak, serta infeksi akibat masuknya bakteri atau kuman dari kuku.(Alodokter)

spot_img

Headline

Populer