31 C
Makassar
Senin, September 26, 2022
BerandaHealthCara Mencegah Cacar Monyet

Cara Mencegah Cacar Monyet

PenulisAndika
- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Temuan kasus cacar monyet di Indonesia membuat pemerintah mengimbau agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah cacar monyet.

Cacar monyet menjadi pusat perhatian setelah mengalami kenaikan jumlah kasus di beberapa negara dan ditetapkan berstatus darurat kesehatan global. Penyakit akibat infeksi virus monkeypox ini ditandai dengan bintil bernanah pada kulit yang bisa terasa sakit dan gatal.

Selain itu, cacar monyet juga dapat menunjukkan gejala demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, batuk, dan kelelahan.

BACA JUGA :  Berstatus Darurat Kesehatan Global, Ini Langkah Pencegahan Cacar Monyet

Dilansir dari laman Alodokter, berikut adalah langkah-langkah pencegahan cacar monyet yang bisa kamu terapkan:

1. Hindari kontak dengan hewan yang bisa membawa virus monkeypox

Virus penyebab cacar monyet dapat dibawa oleh hewan, seperti monyet, tikus, dan tupai. Penularannya dapat melalui gigitan, cakaran, konsumsi dagingnya, serta kontak langsung dengan cairan tubuh atau darah hewan yang terinfeksi.

Guna mencegah infeksi virus ini, hindari kontak langsung dengan hewan-hewan tersebut, apalagi kalau hewannya sedang sakit atau tiba-tiba mati.

2. Rajin cuci tangan

Penularan cacar monyet antarmanusia bisa terjadi melalui kontak tidak langsung, yaitu bila menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus monkeypox lalu menyentuh area wajah tanpa cuci tangan.

Jadi, kamu dianjurkan untuk mencuci tangan dengan air dan sabun setelah menyentuh benda-benda yang banyak disentuh orang, contohnya gagang pintu atau tombol lift. Cuci juga tanganmu sebelum makan, sebelum menyentuh wajah, setelah bepergian, dan setelah kontak dengan hewan.

3. Kenakan masker

Risiko tertular virus monkeypox akan meningkat bila kamu tidak sengaja menghirup percikan air liur penderita cacar monyet yang bisa keluar saat ia bicara, bersin, atau batuk.

Jadi, untuk mencegah penularan penyakit ini, kamu tidak boleh lupa nih untuk pakai masker saat keluar rumah. Gunakanlah masker yang dapat menutup mulut, hidung, dan dagu dengan sempurna, ya.

4. Masak makanan sampai matang

Saat mengolah makanan, khususnya daging, masaklah sampai benar-benar matang. Selain menurunkan risiko penularan virus monkeypox, memasak makanan hingga matang juga mencegah infeksi bakteri yang bisa ditemukan pada daging mentah.

5. Hindari hubungan seksual yang berisiko

Upaya lain yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan cacar monyet adalah menghindari hubungan seksual yang berisiko, contohnya dengan memakai kondom saat berhubungan seks, tidak berganti-ganti pasangan seksual, tidak berbagai penggunaan alat bantu seks, dan sebisa mungkin pastikan bahwa pasangan seks tidak terinfeksi virus monkeypox.

spot_img

Headline