26 C
Makassar
Jumat, Desember 9, 2022
BerandaHealthCiri-Ciri Kurap Akan Sembuh

Ciri-Ciri Kurap Akan Sembuh

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Kurap adalah infeksi jamur di kulit yang ditandai dengan ruam gatal, merah, bersisik, sedikit menonjol, dan berbentuk lingkaran. Karena bentuknya itulah, kurap juga dikenal dengan sebutan ringworm.

Kurap umumnya muncul di kulit, tetapi bisa juga ditemukan di janggut, kuku, dan rambut. Penularan kurap dapat terjadi melalui interaksi dengan orang atau hewan peliharaan yang telah terinfeksi jamur penyebab kurap. Penyakit ini biasanya bisa sembuh dalam waktu 2 minggu hingga 1 bulan.

Namun, penggunaan obat antijamur dibutuhkan terkadang untuk mempercepat penyembuhan serta mengatasi keluhan yang muncul akibat kurap. Meski proses penyembuhannya terbilang cukup lama, Anda tidak perlu khawatir, karena kurap dapat disembuhkan dengan obat kurap yang direkomendasikan oleh dokter.

BACA JUGA :  Beragam Cara Menghilangkan Kurap dengan Pengobatan Alami

Dilansir dari laman Alodokter, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kurap akan sembuh yang penting untuk diketahui:

 Rasa gatal berkurang

Gejala kurap yang paling umum adalah rasa gatal yang cukup parah dan terkadang disertai sensasi perih. Ketika gejala gatal atau perih tersebut diobati dengan baik dan mulai berkurang, itu bisa menjadi ciri-ciri kurap akan sembuh.

Ruam tidak meluas

Setelah diobati, jamur penyebab kurap akan berhenti berkembang biak dan mati sehingga tidak bisa lagi menyebabkan infeksi pada kulit. Hal ini ditandai dengan ruam yang tidak lagi meluas dan menghilang dalam waktu beberapa hari atau minggu.

 Permukaan kulit menjadi rata

Kurap juga ditandai dengan permukaan kulit yang sedikit menonjol. Apabila permukaan kulit kembali terlihat rata, ini menjadi tanda bahwa obat kurap bekerja dengan baik dan kurap akan sembuh.

Tekstur kulit kembali normal

Kurap bisa menyebabkan kulit menjadi kering, kasar, dan bersisik. Salep antijamur dapat digunakan untuk mengatasinya. Obat ini dapat dibeli di apotek atau sesuai resep dokter.

Salep antijamur dapat membasmi jamur penyebab kurap, sehingga gejala kurap dapat teratasi. Setelah sembuh, kulit yang sebelumnya rusak dan kering akan berangsur membaik dan kembali normal.

Area kurap menjadi lebih gelap

Jangan khawatir jika area munculnya kurap menjadi lebih gelap. Hal ini justru menjadi salah satu ciri kurap akan sembuh. Perubahan warna kulit menjadi lebih gelap adalah respons alami jaringan kulit saat sembuh dari infeksi jamur penyebab kurap.

Seiring berjalannya waktu, bercak gelap ini akan memudar dan warna kulit pun bisa kembali seperti semula.

spot_img

Headline

Populer