25 C
Makassar
Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaNasionalEselon Dipangkas, Pendapatan PNS Berkurang?

Eselon Dipangkas, Pendapatan PNS Berkurang?

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Adanya upaya memangkas eselon dalam birokrasi pemerintahan ikut berdampak pada sistem penggajian, pemberian tunjungan kinerja, dan pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pemerintah saat ini tengah menggodok sistem penggajian yang baru. Sistem yang akan ikut dirasakan dampaknya oleh para PNS.

Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Arif Wibowo mewanti-wanti perubahan sistem tersebut berdampak pada turunnya pendapatan PNS. Dia mengatakan, dalam penyedehanaan birokrasi ini pemerintah harus memperthatikan tunjangan dari pegawainya. Jangan sampai dengan adannya penyederhanaan birokrasi ini justru mengurangi penghasilan.

“Penyederhanaan tersebut dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan besaran tunjangan kinerja, tunjangan pensiun, dan tunjangan lainnya agar tidak mengurangi penghasilan ASN,” ujarnya dalam Rapat Kerja beberapa waktu lalu dikutip dari Okezone, (22/1/2020).

BACA: Jokowi: Semua PNS Pindah ke Ibu Kota Baru 2024

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengakui ada pematangan dalam sistem penggajian dan pensiun yang baru. Saat ini wacana tersebut masih terus dibahas dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Menurut Tjahjo, penataan negara besar seperti Indonesia perlu proses panjang yang dimulai dengan reformasi birokrasi. Salah satunya dengan melakukan penyederhanaan jabatan eselon dan penyesuaian kesejahteraan pegawai.

“Perlu sebuah proses dimulai dengan reformasi birokrasi, menghilangkan pola pikir eselon, sistem penggajian dan pensiun. Kesejahteraan juga kami pikirkan,” pungkasnya.

(*)

BACA JUGA :  Putri Kedua Taufan Pawe Daftar CPNS di Parepare
BACA JUGA
spot_img
spot_img
spot_img

Headline

IDR - Indonesian Rupiah
USD
14.230,8
EUR
16.574,3
JPY
125,3
KRW
12,1
MYR
3.428,8
SGD
10.556,7