24 C
Makassar
Senin, Januari 30, 2023
BerandaHealthIni Kreasi Menu Makan Siang untuk Diet yang Padat Nutrisi

Ini Kreasi Menu Makan Siang untuk Diet yang Padat Nutrisi

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Diet membutuhkan persiapan yang matang, terutama dari berbagai makanan yang dikonsumsi. Salah satu menu yang perlu diperhatikan jumlah kalorinya adalah saat makan siang.

Di siang hari, aktivitas yang dilakukan sedang berada di puncaknya, sehingga membutuhkan asupan tenaga yang cukup tinggi. Jika kekurangan, bisa jadi mengganggu konsentrasi yang berakibat memengaruhi hasil pekerjaan.

Pilihan Menu Makan Siang yang Cocok untuk Diet

Makanan yang padat nutrisi berarti mengandung beberapa hal, seperti mikronutrien esensial, vitamin, mineral, asam lemak esensial, dan asam amino di dalam makanan tersebut. Semakin padat nutrisi yang terdapat dalam makanan, perasaan kenyang yang dirasakan lebih lama.

Nah, berikut beberapa pilihan menu yang bisa dipilih agar program diet bisa sukses:

1. Sup Lentil

Sup kerap menjadi menu yang baik untuk seseorang yang sedang menerapkan program diet. Makanan ini mengandung protein dan karbohidrat yang tinggi, sehingga menimbulkan perasaan kenyang.

Selain itu, tanaman lentil ini juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Bahkan, makanan ini juga kaya akan kandungan zat besi, nutrisi yang baik untuk para pengidap anemia.

2. Semangkuk Tahu-Kacang Pedas

Tahu merupakan makanan yang kaya protein dengan bahan dasar kedelai. Saat mengonsumsinya, tubuh bisa mendapatkan semua kandungan asam amino esensial yang menyehatkan tubuh.

Untuk masyarakat Indonesia, tahu terbilang mudah untuk didapatkan. Selain itu, cita rasanya sudah cocok di lidah, sehingga mengonsumsinya dapat mengenyangkan sekaligus ‘menggoyang lidah’.

Untuk membuat menu ini, kamu perlu menyiapkan tahu yang sudah diolah menjadi sesuatu yang renyah. Lalu, campurkan dengan nasi merah, sayuran, dan saus kacang pedas. Aduk semua menjadi satu agar rasanya semakin nikmat untuk disantap.

3. Olahan Ubi

Untuk makan siang yang sehat dan mengenyangkan lainnya, ubi bisa menjadi olahan yang baik agar tetap bersemangat di siang hari. Ubi kaya akan kandungan karbohidrat yang dapat memberikan energi dan serat.

Pembuatan makanan dengan olahan ubi ini terbilang mudah untuk dilakukan. Pertama, panggang ubi sambil menyiapkan isian yang diinginkan untuk penambah rasa. Kamu bisa menambahkan alpukat, jagung, atau bawang bombay agar rasanya lebih nikmat.

4. Salad Tuna Campur Telur

Tuna dan telur dapat dikombinasikan menjadi suatu makanan yang kaya protein dengan harga terjangkau. Dengan mengonsumsi makanan olahan ini dapat membuat kamu kenyang lebih lama di siang hari.

Telur memang kerap menjadi pilihan yang terjangkau sebagai pengganti makanan berkarbohidrat tinggi, sehingga dapat membantu dalam mengurangi rasa lapar. Hal ini tentu dapat mendukung penurunan berat badan terjadi secara signifikan.

Kamu bisa membuatnya menjadi olahan makanan yang disajikan dengan nasi merah atau roti agar lebih kenyang. Pilihlah jenis makanan lainnya yang ingin dikombinasikan sesuai selera.

Itulah berbagai makanan yang cocok untuk dikonsumsi sebagai menu makanan di siang hari saat diet. Dengan rutin mengonsumsi makanan ini, diharapkan tujuan untuk mendapatkan berat badan yang ideal bisa tercapai. Tentu saja harus dikombinasikan dengan berolahraga secara rutin dan pola hidup sehat lainnya.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer