31 C
Makassar
Sabtu, September 24, 2022
BerandaHealthIni yang Terjadi Ketika Tubuh Terserang Pneumonia

Ini yang Terjadi Ketika Tubuh Terserang Pneumonia

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Mau tahu betapa seriusnya kasus pneumonia yang terjadi secara global? Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pneumonia penyebab 15 persen dari semua kematian anak di bawah 5 tahun. Pada 2007 penyakit ini setidaknya menewaskan 800 ribu anak. Tuh, bikin khawatirkan? Dengan kata lain, sekitar 2.190 balita meninggal perharinya akibat terinfeksi pneumonia

Sayangnya, masih banyak orang yang menggap remeh penyakit ini. Padahal, dampak pneumonia diam-diam bisa membunuh pengidapnya. Penyebab dianggap remeh gegara kekeliruan. Penyakit ini sering dianggap biasa seperti influenza, sehingga bahaya dari pneumonia sering dipandang sebelah mata.

Para ahli lazim menyederhanakan penyakit ini sebagai infeksi saluran paru-paru. Biang keladinya adalah bakteri yang bisa beragam, tetapi yang paling sering ditemui di Indonesia adalah Streptococus pneumoniate.

Pertanyaannya, apa yang akan terjadi pada tubuh ketika terinfeksi penyakit ini?

Alami Berbagai Keluhan

Berbicara pneumonia sama halnya membicarakan banyak hal. Ketika seseorang terinfeksi penyakit ini, maka dirinya akan mengalami beragam keluhan. Nah, berikut yang akan terjadi pada tubuh ketika terserang pneumonia, menurut ahli di National Institutes of Health – Medlineplus.

Mengalami demam tinggi.

Menggigil kedinginan.

Batuk dengan dahak yang tidak membaik atau semakin buruk.

Kembangkan sesak napas dengan aktivitas normal sehari-hari.

Nyeri dada saat bernapas atau batuk.

Tiba-tiba merasa lebih sakit setelah pilek atau flu.

Selain itu, ada gejala atau dampak pneumonia yang cukup jarang terjadi, tetapi tetap bisa muncul, contohnya:

 Sakit kepala.

 Lemas dan lelah.

 Mual dan muntah.

 Batuk disertai darah.

Berapa gejala di atas bisa terjadi pada orang yang mengidap pneumonia dan akan berlangsung sekitar 24–48 jam. Namun, hal ini juga bergantung dengan kondisi masing-masing individu. Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline