31 C
Makassar
Selasa, Juli 5, 2022
BerandaMetropolisKerusakan DAS Jadi Penyebab Banjir Bandang Januari Lalu 

Kerusakan DAS Jadi Penyebab Banjir Bandang Januari Lalu 

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM- Selain karena curah hujan yang cukup tinggi, Ketua Tim Kajian Banjir Sulawesi Selatan (Sulsel) , Syamsu Rijal juga mengatakan kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) juga menjadi penyebab bencana banjir di Sulawesi Selatan pada januari lalu.

Hal tersebut disampaikan, Dr. Ir. Syamsu Rijal, S.Hut, M.Si, IPU selaku Ketua Tim Kajian Banjir Sulsel, di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (20/3/2019).

“Kita bisa katakan, bahwa kondisi DAS kita itu bisa dilihat dari indikator sederhana sebenarnya, saya kira poinnya DAS jeneberang ini perlu kita perbaiki segera, dan tidak cukup instansi tertentu, semua pihak harus terlibat,” jelasnya.

BACA: Progres 86 Persen, RTH CPI Bakal Dimanfaatkan Jelang Bulan Puasa

Olehnya itu, Syamsu Rijal menjelaskan dari hasil kajiannya bersama tim yang di bentuk Guberur Sulsel, Nurdin Abdullah ini, perlu ada sinergitas dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  yang ada di Sulsel guna meminamilisir resiko bencana banjir bandang.

“Tahun depan kita perlu sinergitas dengan pihak pihak yang ingin terlibat dalam penangnan banjir kita, jadi hasil kajian ini memperkihatkan apa yang harus kita kerjakan, sehingga harapannya kita dalam satu tahun ini kita bisa meminimumkan resiko yang akan terjadi kedepan,” tukasnya.

Syamsu Rijal yang juga diketahui sebagai dosen di Fakultas Kehutanan Universitas Hadanuddin (Unhas) ini menambahkan, bahwa Bendungan Bili Bili perlu dilakukan pengerukan agar bendungan tersebut dapat menampung lebih banyak air.

“Pengerukan untuk meningkatkan daya tampung terhadap Bili Bili, harus dilakukan juga,” tuturnya.

Penulis : Efrat Syafaat Siregar 
BACA JUGA :  Wagub Sulsel Bahas Wilayah Langganan Banjir
spot_img
spot_img

Headline