30 C
Makassar
Senin, Agustus 15, 2022
BerandaRagamKhasiat Puasa Penghilang Racun Dalam Tubuh

Khasiat Puasa Penghilang Racun Dalam Tubuh

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Puasa banyak memberikan dampak positif bagi tubuh, selain menahan haus, lapar dan perbuatan negatif ternyata manfaat kesehatan bagi kesehatan sangat luar biasa.

Puasa di bulan ramadan ternyata bisa membantu tubuh menghilangkan berbagai macam racun penyebab penyakit.

Dikutip dari laman DokterSehat pakar kesehatan menyebutkan, bahwa berpuasa bisa membantu berbagai sistem yang ada di dalam tubuh, khususnya saluran pencernaan untuk beristirahat selama beberapa waktu demi melakukan pembersihan dan regenerasi sel.

BACA: Komunitas Paranta Mangkasara’ Eratkan Silaturahmi Lewat Buka Puasa Bersama

Saluran pencernaan tidak hanya berperan menyerap makanan saja, melainkan juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Hal ini biasanya terkait dengan keseimbangan bakteri di dalam usus. Dengan semakin membaiknya kondisi sistem kekebalan tubuh, maka proses penghilangan racun juga akan berlangsung dengan maksimal.

Telah banyak penelitian yang juga membuktikan bahwa puasa bisa membantu menghentikan kecanduan pada berbagai benda yang bisa membawa racun seperti rokok, makanan cepat saji, dan minuman beralkohol. Tubuh akan mulai membiasakan diri untuk tidak mengonsumsinya sehingga asupan racun juga bisa ditekan. Jika kita mampu benar-benar berhenti mengonsumsinya, tentu hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

BACA: Ini Dampak Olahraga Berat saat Puasa

Selain itu, bagi mereka yang menderita diabetes namun masih diizinkan untuk berpuasa, melakukan ibadah ini di bulan Ramadhan juga bisa membantu meningkatkan kembali sensitivitas insulin. Hal ini tentu bisa berimbas pada kadar gula darah yang lebih baik dikendalikan.

Pakar kesehatan juga menyebut beberapa masalah kesehatan lainnya seperti tuberkulosis, radang sendi, serta penyakit kulit juga bisa lebih cepat sembuh jika penderitanya mau menjalankan puasa.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendukung proses detoksifikasi tubuh
Selain berpuasa, pakar kesehatan menyebut ada berbagai cara lain yang bisa kita lakukan untuk membantu proses detoksifikasi tubuh agar berjalan dengan lebih maksimal.

BACA JUGA :  Manfaat Puasa saat Flu
spot_img

Headline