32 C
Makassar
Senin, Maret 4, 2024
BerandaDaerahKPUD Bone Lantik 15.890 KPPS Dirangkaikan Penanaman Pohon

KPUD Bone Lantik 15.890 KPPS Dirangkaikan Penanaman Pohon

- Advertisement -
- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar pelantikan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) secara serentak di seluruh daerah di Indonesia, Kamis (25/1/2024).

Di Kabupaten Bone, ada 15.890 orang yang dilantik menjadi anggota KPPS pada Pemilu 2024 yang bertugas di 3.178 TPS tersebar di 372 desa dan kelurahan.

Namun ada hal menarik dan berbeda dari pelantikan anggota KPPS Pemilu kali ini. Yakni penanaman bibit pohon yang menjadi rangkaian pelantikan tersebut.

Komisioner KPU Bone Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Abd Azis mengatakan penanaman bibit pohon ini sebagai bentuk aksi kepedulian lingkungan dan kelestarian alam oleh KPU.

 

“Mengingat proses penyelenggaraan Pemilu untuk tahun 2024 telah menggunakan banyak kertas. Penanam bibit pohon ini juga sebagai bentuk konstribusi nyata dari para penyelenggara Pemilu,” katanya kepada sulselekspres.com.

 

Lebih lanjut, kata Azis untuk di Kabupaten Bone, jumlah bibit pohon yang ditanam sekitar 15.890 pohon, sesuai dengan jumlah KPPS yang dilantik.

 

“Setiap KPPS yang dilantik itu menanam satu pohon yang lokasinya sudah ditentukan,” lanjutnya.

Sementara itu, di Desa Solo Kecamatan Dua Boccoe, ada 21 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dilantik, yang berlangsung di Kantor Desa Solo, Kecamatan Dua Boccoe.

Adapun mereka dilantik langsung oleh Ketua PPS Desa Solo, Muhlizah. Liza sapaan akrab Ketua PPS Desa Solo menegaskan pentingnya integritas penyelenggara pemilu.

“Selamat bergabung di keluarga besar KPU, kita berharap teman-teman KPPS bisa menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab dan menjaga integritas selaku penyelenggara pemilu,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, KPPS menjadi ujung tombak suksesnya pelaksanaan pemilu, utamanya memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan dengan baik. Usai pelaksanaan pelantikan selanjutnya dilakukan proses penanaman satu pohon untuk masing-masing anggota KPPS.

BACA JUGA :  Dua Kader Golkar Dipastikan Melenggang ke Senayan

Anggota PPS Desa Solo, Vivi Arianti dan Besse Asia Wardah mengatakan, pohon yang ditanam tersebut menyimbolkan spirit untuk mengembalikan kelestarian bumi.

Ia mengatakan, penanaman pohon ini sebagai bentuk keterlibatan penyelenggara dalam menjaga serta melestarikan alam. Hal ini juga tidak lepas dari pelaksanaan Pemilu yang melibatkan penggunaan kertas yang cukup besar seperti surat suara, bilik suara dan kotak suara.

“Penanaman pohon juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Pemilu presiden, wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota digelar serentak pada tanggal 14 Februari 2024. Para wajib pilih yang terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) semaksimal mungkin menggunakan hak suara.

Hadir pada pelantikan KPPS Solo, Bhabinkamtibmas Polsek Dua Boccoe, Ketua Panitia pengawasan Pemilu desa Solo, para staf PPS Desa Solo. Diberitakan sebelumnya, Rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Bone segera dibuka.

Untuk itu, sebelum dimulainya tahapan pendaftaran, KPU Bone gerak cepat melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan menghadirkan seluruh Badan Ad Hoc, baik PPK maupun PPS se Kabupaten Bone.

Rakor yang akan membahas teknis penerimaan KPPS ini dilaksanakan 2 4 gelombang, dimulai tanggal 6-7 Desember 2023 di Hotel Helios Bone. Selanjutnya, tanggal 8-9 Desember 2023 di Hotel Novena Watampone.

Ketua Panitia Dr. Yusdar menuturkan, pelaksanaan rakor selama empat hari untuk menyamakan presepsi, paham rujukan dalam persiapan pembentukan KPPS.

“Kita undang semua, sebanyak 135 Panitia Pemilihan Kecamatan dan ada 1116 Panitia Pemungutan Suara di Bone agar semua menyamakan persepsi perekrutan KPPS,” kata Kasubag Hukum dan SDM KPU Bone ini saat pembukaan Rakor angkatan III di Hotel Novena Watampone, Jumat (8/12/2023).

BACA JUGA :  KPU Bone Tanggapi Perubahan Dapil Pileg 2024 Beredar di WA

Sementara, Ketua KPU Bone Yusran Tajuddin yang membuka Rakor tersebut menuturkan perekrutan KPPS di bawah mengatasnamakan KPU Kabupaten Bone, sehingga jangan dilakukan asal-asalan.

“Jadi kami ikut bertanggung jawab dalam perekrutan, dan inilah perekrutan terakhir Badan Ad Hoc, perekrutan KPPS. Maka kompletelah semua perekrutan Badan Ad Hoc, mulai tingkat PPK, PPS hingga nanti perekrutan KPPS,” kata Yusran.

Komisioner KPU Koordinator Divisi Sosialisasi dan pendidikan Pemilih dan SDM, Abdul Azis menjelaskan, sumber daya manusia di Kabupaten Bone yang dibutuhkan tidak sedikit.

Jumlahnya sebanyak 15.890 KPPS untuk 2.270 TPS yang akan bertugas pada Pemilu tahun 2024.

“Dan kita prioritaskan anak muda yang berusia minimal 17 tahun yang mempunyai kapasitas, kemampuan, dan sehat, dan kita percaya usia muda memiliki daya ketahanan tubuh yang lebih baik,” kata Abd. Asis.

Tak hanya itu, lanjut dia, selain anak muda , juga harus melek teknologi. Pasalnya, sistem Pemilu 2024 juga direncanakan live streaming dan menggunakan aplikasi Sirekap untuk hasil pemungutan suara di setiap TPS.

Sementara itu Komisioner KPU Bone Kordiv Teknis Penyelenggaraan Zainal, menuturkan pendaftaran anggota KPPS Pemilu 2024 akan dimulai pada 11 Desember 2023. Selanjutnya, penetapan anggota KPPS rencananya dilakukan pada 24 Januari 2024.

“Di mana masa kerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara selama sebulan, dimulai 25 Januari 2023 sampai dengan 25 Februari 2023,” kata Zainal.

Yusnadi

spot_img

Headline

Populer