29.8 C
Makassar
Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaHealthMakanan yang Turunkan Kolesterol

Makanan yang Turunkan Kolesterol

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Saat lebaran Idulfitri, identik dengan makanan berlimpah, sehingga sebagian orang mungkin saja terlena, sehingga tidak mengontrol asupan makanannya.

Salah satu yang menjadi ancaman adalah kolesterol. Mengutip berbagai sumber via cnnindonesia.com, beberpa jenis buah ini dapat menurunkan kolesterol:

1. Stroberi
Kandungan nabati polifenol dalam stroberi dalam membantu menurunkan tekanan darah dan kadar LDL, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Tomat
Tomat merupakan sumber vitamin A dan C yang mengandung senyawa antioksidan lycopene. Senyawa ini punya peran penting dalam mengurangi kadar kolesterol jahat.

3. Apel
Konsumsi apel dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat berkat senyawa fenolik yang ditemukan dalam kulitnya. Fenolik sendiri merupakan senyawa antioksidan yang meningkatkan fungsi sel sehat serta aliran darah yang baik.

4. Alpukat
Alpukat dikenal dengan kandungan lemak sehatnya. Selain dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, lemak sehat atau asam lemak tak jenuh tunggal pada alpukat juga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat.

Sebuah studi menemukan, konsumsi satu buah alpukat sehari disertai diet rendah lemak dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 13,5 mg/dL.

5. Anggur
Anggur mengandung senyawa polifenol yang dapat mencegah kerusakan sel. Konsumsi sekitar 100-200 gram anggur per hati dapat membantu melindungi sel dan mengurangi peradangan sehingga menghambat penumpukan kolesterol di dinding arteri.

spot_img
spot_img

Headline

IDR - Rupiah indonesia
USD
14.498,6
EUR
15.293,3
JPY
111,0
KRW
11,4
MYR
3.317,5
SGD
10.465,3