31 C
Makassar
Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaOlahragaManchester City Sukses Pertahankan Gelar Juara Liga Primer Inggris

Manchester City Sukses Pertahankan Gelar Juara Liga Primer Inggris

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Petahana Liga Primer Inggris, Manchester City, berhasil mempertahankan gelar juaranya musim lalu, setelah memenangi perebutan trofi Liga Primer Inggris musim 2018/2019 dari Liverpool.

Keberhasilan Manchester City ini mereka dulang usai menumbangkan Brighton and Hove Albion, melalui skor meyakinkan 4-1, di markas Brighton, Falmer Stadium, Inggris, pada hari Minggu (12/5/2019) malam WITA.

BACA: Sepatu Emas Liga Inggris Diborong Oleh Tiga Pemain Sekaligus

Sebenarnya Manchester City semoat tertinggal lebih dulu dari tuan rumah. Saat pertandingan memasuki menit ke-27, Brighton memberi kejutan lewat gol penyerang mereka, Garry Murray.

Tetapi keunggulan Brighton hanya bertahan satu menit saja. Sebab di menit ke-28, striker The Citizen, Sergio Aguero, berhasil menyamakan kedudukan setelah mendapat umpan dari David Silva.

BACA: Jalan Mulus Menuju Juara Bagi Manchester City

Sepuluh menit dari gol Aguero, tepatnya di menit ke-38, giliran pemain bertahan Manchester City, Aymeric Laporte, yang mencatatkan namanya di papan skor. Laporte memanfaatkan umpan Riyad Mahres dan menutup babak pertaman dengan skor 2-1 untuk kemenangan City.

Memasuki babak kedua, pasukan Pep Guardiola merasa belum aman dengan selisih satu gol. Itu sebabnya mereka tidak menyurutkan serangan untuk tuan rumah. Keputusan Pep Guardiola ini ternyata jitu.

Di menit ke-63, David Silva kembali menjadi kreator atas gol ketiga City. Silva menyodorkan bola kepada Mahres, kemudian pemain Aljazair itu melakukan sedikit kocekan, lalu melepaskan tendangan keras dan mendaratkan bola ke gawang Brighton unguk ketiga kalinya.

Keperkasaan City benar-benar terlihat saat mereka menggenapkan skor menjadi 4-1. Kali ini lewat eksekusi tendangan bebas Ilkay Gundogan di menit ke-72. Gundogan melepaskan tendangan melengkung dari jarak 25 meter, kemudian bola dengan mulus menjebol gaeang Brighton.

BACA JUGA :  Statistik Unggulkan Man City, Mark Hughes: Kami Perlu Sabar dan Fokus

Kemenangan besar di laga penutup Liga Primer Inggris musim 2018/2019 itu berhak memberi tambahan tiga poin bagi City. Mereka berhasil mempertahankan gelar juara lewat torehan 98 poin dari 38 pertandingan.

Mereka unggul satu poin dari Liverpool, yang juga meraih kemenangan 2-0 atas Wolves pada laga terakhir di Anfield Stadium, yang mengoleksi 97 poin dari 38 pertandingan Liga Primer Inggris musim 2018/2019 ini.

Keberhasilan City mempertahankan gelar ini turut membawa nama pelatih mereka, Josep Guardiola, sebagai pelatih ketiga di Inggris yang sukses meraih gelar juara dua kali secara beruntun.

Keberhasilan Pep juga semakin mentereng, usai dirinya tercatat sebagai pelatih yang sukses meraih trofi di tiga liga elit Eropa (Inggris, Spanyol, Jerman) lebih dari satu kali. Sebelumnya pelatih adal Spanyol itu sukses menukangi Barcelona, Bayern Munchen, dan kali ini Manchester City.

Penulis : Widyawan Setiadi

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

Headline