29 C
Makassar
Thursday, June 13, 2024
HomeHealthManfaat Green Coffee untuk Kesehatan

Manfaat Green Coffee untuk Kesehatan

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Saat ini tren es kopi masih melanda berbagai kalangan. Tentunya agar rasanya semakin nikmat, pembuat kopi harus memikirkan kualitas dari biji kopi yang menjadi bahan dasar minuman tersebut. Ada berbagai jenis biji kopi yang terkenal, salah satunya adalah green coffee.

Kopi hijau adalah biji kopi yang tidak melalui proses, seperti pemanggangan atau lainnya yang dapat membuat warna biji kopi menjadi hitam. Namun, hal ini tidak membuat kopi hijau kekurangan kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk kesehatan.

Umumnya, ekstrak biji kopi hijau banyak digunakan sebagai suplemen makanan. Namun, biji kopi hijau juga bisa diolah sebagai minuman seperti biji kopi hitam.

Lalu, bagaimana dengan rasanya? Mengonsumsi secangkir green coffee tidak akan serupa dengan kopi hitam. Kopi hijau jauh terasa lebih lembut dibandingkan dengan kopi hitam. Bahkan, rasanya lebih serupa teh herbal daripada kopi.

Kopi hijau mengandung banyak asam klorogenat yang merupakan senyawa dengan efek antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat green coffe yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Sebuah penelitian pada Clinical and Experimental Hypertension pada 2006 silam menunjukkan bahwa kopi hijau ampuh menurunkan tekanan darah tinggi pada 117 respondennya. Para responden tersebut mengonsumsi kopi hijau dengan takaran tertentu selama 28 hari. Hasilnya tekanan darah mereka menjadi berkurang.

Hal ini terjadi karena kandungan asam klorogenat pada kopi hijau mampu menurunkan jumlah kortisol dalam aliran darah. Pemanggangan biji kopi membuat asam klorogenat yang bisa memengaruhi fungsinya dalam menurunkan kortisol.

Selain mengonsumi kopi hijau, pastikan kamu juga menjalani pola makan dan gaya hidup yang sesuai dengan kondisi kesehatan. Dengan begitu, manfaat kopi hijau akan terasa lebih optimal.

2. Meningkatkan suasana hati

Serupa dengan manfaat kopi pada umumnya, manfaat green coffee juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.Sebab, kandungan kafein dalam kopi hijau meningkatkan jumlah dopamin dalam tubuh.

Hormon dopamin adalah salah satu jenis hormon yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Namun, pastikan untuk mengonsumsi kopi ini dalam jumlah yang sesuai.

3. Menurunkan kadar gula darah

Green coffee juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Dengan begitu, kopi jenis ini cocok untuk dinikmati bagi kelompok yang berisiko mengalami diabetes.

Asam klorogenat pada kopi hijau mampu mengurangi penyerapan karbohidrat dalam usus. Selain itu, kandungan ini juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga menstabilkan kadar gula darah.

Kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi kopi hijau dalam bentuk ekstrak. Caranya sebanyak tiga kali dalam satu hari untuk menurunkan diabetes sebesar 30 persen. Pengonsumsian kopi hijau perlu bersama dengan pola makan yang sehat.

4. Mencegah efek radikal bebas

Manfaat green coffee juga bisa mencegah bahaya radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas bisa terjadi akibat paparan sinar matahari, radiasi, asap rokok, asap kendaraan, bahkan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Apabila paparan radikal bebas pada tubuh berlebihan, hal ini dapat menyebabkan berbagai kerusakan sel dalam tubuh.

Kerusakan sel dalam tubuh mampu menyebabkan berbagai penyakit seperti kardiovaskuler, kanker, hipertensi, penuaan dini, dan lain-lain. Nah, kandungan antioksidan yang tinggi dalam green coffee mampu melawan radikal bebas dan menjaga sel-sel dalam tubuhmu dari kerusakan.

Selain dengan kopi hijau ini, kamu juga bisa mencegah radikal dengan buah-buahan lain seperti yang ada dalam tulisan ini: Cegah Radikal Bebas, Wajib Konsumsi 9 Buah Ini.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat green coffee lainnya adalah mencegah peningkatan kolesterol. Meskipun belum ada penelitian pada manusia, tetapi penelitian melalui hewan menunjukkan penurunan kolesterol plasma dan trigliserida sebanyak 40-50 persen setelah mengonsumsi ekstrak kopi hijau.

6. Meningkatkan energi

Bagi kamu yang memiliki aktivitas cukup padat, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi kopi hijau sebagai minuman. Kandungan kafein pada kopi hijau membuat energi menjadi lebih baik.

Selain itu, asam klorogenat pada jenis kopi ini meningkatkan kemampuan kognitif yang membuat performa kamu menjadi lebih optimal.

7. Mencegah penyakit kanker

Kopi hijau juga mengandung asam klorogenat yang bersifat antioksidan, sehingga mampu menjaga kesehatan sel dan jaringan dalam tubuh. Terpenuhinya kebutuhan antioksidan mencegah munculnya perkembangan sel-sel abnormal pada tubuh yang berisiko meningkatkan penyakit kanker.

8. Menurunkan penyakit kronis

Kandungan asam klorogenat pada green coffee juga membuat kamu terhindar dari berbagai penyakit kronis. Contohnya, seperti diabetes hingga penyakit jantung.

9.Menjaga kesehatan hati

Manfaat green coffee juga dapat membantu menjaga kesehatan hati dengan mendetoksifikasi limbah pada hati secara alami. Kandungan dalam kopi hijau dapat menghilangkan racun, kelebihan kolesterol, hingga lemak yang tidak perlu dari dalam hati.

Dengan kondisi hati yang baik, maka organ ini dapat berfungsi menjadi lebih optimal sehingga kesehatan tubuh terjaga dengan baik.

10. Menjaga kesehatan otak

Kopi hijau memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Meningkatkan kesehatan otak membuat kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, seperti Alzheimer dan demensia.

Manfaat Green Coffee untuk Rambut dan Kulit

Bukan hanya untuk kesehatan secara menyeluruh, ternyata jenis kopi ini juga memiliki manfaat khusus untuk kesehatan rambut dan kulit, loh.

Nah, jika kamu memiliki beberapa permasalahan seputar rambut dan kulit, berikut manfaat green coffee yang perlu diketahui:

1. Mencegah munculnya penuaan dini

Paparan radikal bebas yang berlebih bisa menyebabkan munculnya tanda penuaan dini lebih awal. Hal ini bisa kamu cegah dengan memenuhi kebutuhan antioksidan yang diperlukan pada kulit.

Kopi hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga membantu kamu meningkatkan kesehatan kulit. Khususnya mencegah munculnya tanda penuaan dini, seperti kerutan halus, kulit kusam, hingga flek hitam.

2. Meningkatkan hidrasi kulit

Ekstrak biji kopi hijau bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan membuatnya tetap terhidrasi dengan baik. Asam klorogenat tidak hanya menjaga kelembapan kulit, tetapi membantu mengoptimalkan aliran darah menuju kulit.

Dengan optimalnya aliran darah menuju kulit, artinya seluruh nutrisi dan oksigen yang diperlukan kulit dapat terpenuhi dengan baik. Saat kebutuhan nutrisi terpenuhi, maka kulit pun bisa menjadi lebih lembut dan halus.

3. Mencegah kerusakan rambut

Manfaat green coffee lainnya adalah mampu memcegah kerusakan rambut. Paparan polusi udara dan zat lainnya bisa menyebabkan kerusakan pada rambut. Kandungan antioksidan pada kopi hijau membuat rambut menjadi lebih sehat.

4. Membantu pertumbuhan rambut

Jika kamu ingin mengoptimalkan pertumbuhan rambut, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi kopi hijau. Green coffee mengandung asam klorogenat yang bersifat antioksidan, sehingga baik untuk merangsang pertumbuhan rambut.

5. Terhindar dari infeksi kulit

Antioksidan pada kopi hijau mampu mencegah berbagai gangguan kesehatan pada kulit, seperti infeksi bakteri pada kulit.

Kopi hijau juga bisa mencegah meningkatnya risiko diabetes yang bisa memicu berbagai penyakit kulit.

Manfaat Green Coffee dalam Mengoptimalkan Diet

Selain berbagai manfaat yang tersebut, banyak masyarakat yang mengonsumsi green coffee untuk mengoptimalkan diet yang sedang dijalankan. Namun, benarkah green coffee baik untuk diet?

Pada beberapa penelitian yang telah dilakukan, mengonsumsi kopi hijau memang membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih optimal. Sebuah penelitian tahun 2017 dilakukan pada orang-orang dengan kelebihan berat badan.

Selama delapan minggu berturut-turut, mereka diminta untuk mengonsumsi 400 miligram ekstrak biji kopi hijau bersama dengan diet terbatas energi. Hasilnya, mereka mengalami penurunan berat badan lebih banyak, dibandingkan kelompok yang hanya melakukan diet terbatas tanpa asupan kopi hijau.

Mereka yang mengonsumsi green coffee juga mengalami penurunan kolesterol dan asam lemak bebas. Untuk menurunkan berat badan, pastikan kamu berdiskusi dengan ahli gizi untuk memastikan jenis diet atau asupan yang tepat untuk kondisi tubuh kamu.

Apalagi jika kamu memiliki gangguan kesehatan yang dapat muncul secara berulang ketika menjalani diet yang salah. Itulah manfaat green coffee untuk mengoptimalkan diet yang sedang kamu jalani dalam penurunan berat badan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai hubungan antara kopi dan diet, kamu bisa membacanya dalam tulisan ini → Mitos atau Fakta, Kopi Bisa Turunkan Berat Badan.

Waspada Efek Samping Green Coffee

Meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya jangan berlebihan saat mengonsumsi green coffee. Ada berbagai efek samping yang berisiko kamu alami, seperti:

1. Kelebihan kadar kafein dalam tubuh

Sebaiknya waspada terhadap kondisi kelebihan kafein. Hal ini bisa membuat kamu merasa cemas, mengalami gangguan tidur, hingga peningkatan detak jantung.

2. Menyebabkan gangguan pada tulang

Sebuah studi pada hewan menunjukkan kelebihan mengonsumsi ekstrak kopi hijau membuat penipisan lapisan kalsium pada tulang. Hal ini berisiko memicu gangguan pada tulang.

Meskipun begitu, penelitian pada manusia masih terus dilakukan. Namun, tidak ada salahnya untuk memperhatikan asupan kopi hijau.

Nah, itulah manfaat green coffee untuk kesehatan tubuh. Pastikan kamu mengetahui jumlah asupan kopi hijau yang tepat untuk kesehatan. Batasi pengonsumsian kopi hijau sebanyak 400 miligram setiap hari, agar kamu bisa merasakan manfaatnya dan terhindar dari berbagai efek samping.

Sumber: halodoc.com

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img