31 C
Makassar
Minggu, September 25, 2022
BerandaPolitikPemuda di Bone Buat Lapak UMKM, Tiru Program Lapak Ganjar

Pemuda di Bone Buat Lapak UMKM, Tiru Program Lapak Ganjar

PenulisM.Syawal
- Advertisement -

BONE, SULSELEKSPRES.COM – Pemuda yang ada di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan membuat Festival Rakyat Kota Beradat. Festival tersebut menghadirkan UMKM yang ada di Kabupaten Bone sebagai upaya untuk menyejahterakan para pelaku UMKM.

Kegiatan itu meniru program Lapak Ganjar sebagai dukungan terhadap ‘Ganjar Pranowo untuk maju menjadi Presiden 2024’. Para pemuda yang tergabung dalam jaringan relawan Orang Muda Ganjar (OMG) menilai Ganjar mampu menghadirkan program-program inovatif yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah.

Koordinator Wilayah OMG Sulawesi Selatan, Rais Razak, mengatakan, para pemuda di Bone terinspirasi dengan program-program yang diciptakan Ganjar. Hal ini tercermin saat OMG menggelar acara bertajuk ‘Festival Rakyat Kota Beradat’ di Tanete Riattang Barat, Kota Watampone, Bone.

BACA JUGA :  Komunitas Nelayan di Gowa Dorong Ganjar Pranowo jadi Presiden

“Program ‘Lapak Ganjar’ buatan Pak Ganjar kami coba terapkan dalam acara ini. Jadi para pegiat UMKM di Bone, kami buatkan lapak di sini secara gratis. Agar mereka bisa sejahtera, seperti pedagang-pedagang di Lapak Ganjar,” katanya, Minggu (4/9/2022).

Rais juga mengatakan, kecintaan Ganjar pada budaya lokal juga menjadi salah satu faktor terbesar banyaknya pemuda Bone yang mengidolakan Ganjar. Hal ini tak lain karena Bone dikenal sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang kaya akan kebudayaan tradisional.

BACA JUGA :  Bela Ganjar, Rocky Gerung: Puan Seperti Menegakan Benang Basah

“OMG Sulsel memandang sosok Ganjar sebagai orang yang kharismatik dan terpuji. Kita lihat beliau orangnya sangat sederhana, dan sangat menjunjung nilai-nilai kesenian. Bahkan dia mewajibkan ASN-nya untuk mengenakan batik tradisional di hari tertentu,” jelasnya.

OMG, disebut Rais, bertekad mengkonsolidasikan dukungan dari masyarakat Bone untuk Ganjar melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya melalui pentas kesenian tradisional Sulawesi Selatan. Dengan begitu, menurut Rais bukan hanya basis dukungan untuk Ganjar yang didapat, tetapi juga kesenian lokal di daerahnya bisa tetap lestari.

Salah satu relawan OMG Sulsel, Agung Sudarmiko menyebut gelaran kesenian untuk mendukung Ganjar Pranowo adalah hal yang tepat. Sebab, menurut Agung, Bone adalah daerah yang kaya akan budaya dan sudah semestinya dilestarikan lewat berbagai acara.

“Kita harus ingat bahwa Bone memiliki identitas, yakni adatnya sangat kental. Kita sebagai anak muda harus menghargai kegiatan-kegiatan seperti ini. Saya sebagai penikmat seni, merasa sangat bangga bisa mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

spot_img

Headline