BerandaHeadlineSemi Final AFC, PSM Akan Berhadapan Dengan Mantan Klub Wiljan Pluim

Semi Final AFC, PSM Akan Berhadapan Dengan Mantan Klub Wiljan Pluim

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Setelah memastikan diri melaju ke babak semi final AFC Cup 2019 zona ASEAN, PSM Makassar menjadi satu-satunya tim Indonesia yang berhasil lolos dari fase grup kompetisi tersebut.

Hal itu terjadi karena satu wakil Indonesia lainnya, Persija Jakarta, dipastikan gagal lebih awal di fase penyisihan grup. Persija sendiri gagal melaju karena hanya mampu finish di posisi ketiga grup G Piala AFC 2019.

BACA: Ini komentar CEO PSM Makassar Soal Perubahan Jadwal Liga 1

Sementara tim Laskar Phinisi melaju sempurna ke babak semi final, setelah mereka memuncaki grup H Piala AFC 2019, dengan perolehan 14 poin.

Di babak semi final nanti, tim Juku Eja akan berhadapan dengan klub asal Vietnam, Becamex Binh Duong. Pertemuan mereka ini dipastikan setelah Becamex keluar sebagai runner up terbaik di babak penyisihan grup AFC Cup 2019 zona ASEAN.

Sebenarnya Becamex mengoleksi jumlah poin yang sama dengan tim asal Singapura, Tampines Rover,yang menjadi runner up grup F, yaitu sebanyak 13 poin.

BACA: Kesan Pertama Pluim di PSM Makassar, Bahas Soal Fasilitas

Hanya saja Becamex unggul dalam produktivitas gol. Tim Vietnam tersebut mengumpulkan delapan surplus gol, sementara Tampines hanya mengoleksi tujuh gol. Itulah sebabnya Becamex yang lebih berhak lolos ke semi final.

Pertemuan antara PSM Makassar dan Becamex Binh Duong, sebenarnya terbilang asing. Tetapi tidak begitu dengan gelandang tim Juku Eja, Wilem Jan Pluim.

Bagi Pluim, Becamex bukan lagi hal baru baginya. Sebab pemain berpaspor Belanda tersebut pernah memperkuat tim Vietnam itu. Pluim membela Becamex selama satu musim, yaitu musim 2015/2016, sebelum akhirnya hengkang ke PSM hingga saat ini.

Laga semi final ini masih akan menggunakan format yang sama dengan babak penyisihan grup, yaitu format home-away.

Kemudian jadwal laga semifinal zona ASEAN sendiri, rencananya akan mulai dilaksanakan pada hari Selasa (18/6/2019) untuk leg pertama, kemudian leg keduanya akan dilangsungkan pada hari Rabu (26/6/2019).

Penulis : Widyawan Setiadi