24 C
Makassar
Wednesday, June 26, 2024
HomeFoodTips Makan Sehat Saat Lebaran

Tips Makan Sehat Saat Lebaran

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Lebaran merupakan momen yang ditunggu setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Umumnya, berbagai makanan khas Lebaran yang tinggi kalori dan lemak akan sulit dihindari di momen ini.

Padahal, jika dikonsumsi berlebihan, makanan-makanan tersebut rentan menyebabkan munculnya sejumlah masalah kesehatan, mulai dari diare, sakit maag, naiknya berat badan, bahkan tingginya kadar kolesterol dan gula darah.

Nah, agar kamu tetap sehat dan terhindar dari risiko masalah kesehatan yang umum muncul setelah Lebaran, seperti sakit perut dan diare, kamu bisa terapkan beberapa tips makan sehat saat Lebaran di bawah ini:

Perhatikan kebutuhan kalori harian

Lebaran memang identik dengan beragam makanan, tetapi kamu tidak boleh kalap dan makan secara berlebihan, ya. Sebaiknya, tetaplah makan sesuai kebutuhan kalori harianmu, agar kamu tidak mengalami kenaikan berat badan yang drastis.

Pada umumnya, pria dewasa membutuhkan sekitar 2.500 kalori setiap harinya. Sementara, wanita dewasa butuh kurang lebih 2.000 kalori per harinya.

Jika memang tergoda untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori, seperti daging merah, nasi, atau ketupat, maka batasi porsinya.

Jangan lupa juga untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan penuhi kebutuhan cairan. Di akhir hari, sempatkan untuk latihan atau olahraga ringan, agar kamu tetap fit dan segar.

Batasi konsumsi makanan bersantan

Hidangan bersantan, seperti rendang, gulai, dan opor ayam, tentunya tidak asing jika ada di meja makan saat Lebaran. Sebenarnya, mengonsumsi makanan bersantan, termasuk saat Lebaran, itu boleh-boleh saja, kok. Namun, dengan catatan, konsumsinya harus tetap dibatasi.

Ini karena kebanyakan makanan bersantan cenderung mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi. Oleh sebab itu, bila dikonsumsi berlebihan, kadar kolesterol di dalam darah juga dikhawatirkan akan mengalami peningkatan.

spot_img
spot_img
spot_img

Headline

Populer

spot_img