29 C
Makassar
Kamis, Oktober 29, 2020
Beranda Ekbis Transportasi Online Berkembang, Penghasilan Bentor Jadi Lesu

Transportasi Online Berkembang, Penghasilan Bentor Jadi Lesu

- Advertisement -

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kehadiran transportasi online membuat pengahsilan para tukang becak motor (Bentor) jugat ikut surut. Pasalnya akses mendapatkan transportasi online jauh lebih mudah ketimbang Betor.

Transportasi online bisa dengan mudah diakses melalui kecanggihan smartphone, sementara Bentor cenderung hanya bisa ditemui di tempat mangkal atau tetiba lewat.

Hasan salah seorang tukang bentor pun mengakui hal tersebut. Dia bercerita tentang siklus perkembangan transportasi di Kota Makassar yang silih berganti. Dari zaman Becak hingga berubah jadi Becak Motor alias Bentor.

“Tahun 88 itu becak. Tapi kalau becak iya sudah lama memang. Waktu masih kecil sudah ada becak. Waktu ada bentor kurang lagi penghasilannya becak,”tutur Hasan ketika ditemui di temapat ia sering mangkal, Jl. Sultan Alauddin, Minggu (18/10/2020).

BACA: Dewan Makassar Minta Regulasi Bentor di Perbaharui

Hasan juga merasakan kehadiran tranportasi online mulai menggantikan Bentor yang pernah menggeser becak.

“Dulu kita dapat Rp.200 ribu. Akhirnya ini ada ojek online paling dapat Rp.50 ribu biasa juga tidak ada,” ungkapnya.

Ditempat sama, Baso yang juga berprofesi tukang bentor ikut menimpali penjelasan Hasan terkait penghasilannya melalui kendaraan roda dua yang telah dimodifikasi seperti becak tersebut.

“Biasa 30, 40. Sebelum ada ojek online biasa dapat di atas 100 per hari,”tambah Baso.

Di luar dari penghasilan yang menurun drastis, tidak semua tukang bentor punya hak milik atas kendaraan tersebut.

“Jadi kalau kita pajak ini. Bukan kendaraanta. Bayarki 30 ribu. Kalau sekarang 20 ribu Itu 20 ribu untung kalau dapatki bisa dikasi yang punya kendaraan. kalau ada lebihnya belum tentu didapat karena dikasi lagi bensin. kalau dapatki 30 ribu dikasi yang punya kendaraan 20 ribu, bensin 10 ribu. Kita belum dapatpi. Adapi lebihnya baru kita dapat,” ujar.

PenulisSelfi

Headline

Anak Didiknya Dipanggil Timnas, Ini Komentar Pelatih Akademi PSM

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pelatih akademi PSM Makassar, Muhammad Irfan Rahman, mengaku sangat bahagia ada anak didiknya yang kembali dipanggil oleh tim nasional Indonesia. Ia mengaku,...

3 Pemain U-16 PSM Juga Dipanggil Seleksi Garuda Select III

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) baru saja menyampaikan surat permintaan pemain akademi PSM Makassar untuk mengikuti seleksi Garuda Select III. Dua pemain akademi...

Dua Pemain Akademi PSM Dipanggil Seleksi Garuda Select III

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pihak asosiasi Sepakbola tertinggi Indonesia, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali memanggil dua pemain muda PSM Makassar untuk mengikuti tahap seleksi di tim...

PW-KKT Jeneponto Kaltim Segera Dilantik

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM - Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Turatea (PP-KKT) Jeneponto bersama Perwakilan Pengurus Wilayah dan Panitia KKTJ Kaltim, menggelar rapat persiapan pelantikan. Rencananya, pelantikan pengurus...