29 C
Makassar
Senin, Februari 6, 2023
BerandaHealth7 Jenis Olahraga untuk Diet agar Badan Cepat Ramping

7 Jenis Olahraga untuk Diet agar Badan Cepat Ramping

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Ada dua cara yang perlu kamu lakukan untuk memiliki badan yang ramping. Pertama, mengubah pola makan dengan mengatur porsi dan beralih ke makanan yang sehat. Kedua, melalui olahraga untuk diet khusus karena ini akan membantu membakar lebih banyak kalori tubuh.

Jadi, kalau kamu ingin punya badan yang ramping dan sehat, rasanya diet saja tidak akan cukup. Perubahan pola makan perlu dibarengi dengan latihan supaya hasilnya maksimal dan bertahan lama.

Olahraga untuk Diet agar Badan Cepat Ramping

Berikut jenis olahraga yang bisa kamu coba untuk memiliki badan ramping:

1. Joging

Melansir dari Harvard Healthy

Publishing,  joging selama 30 menit
dengan kecepatan delapan kilometer per jam mampu membakar 288 kalori.

Bukan itu saja, olahraga yang satu ini juga efektif membakar lemak visceral di bagian perut. Jenis lemak ini membungkus organ dalam dan berkaitan erat dengan penyakit kronis.

Untuk hasil maksimal, kamu bisa melakukan olahraga ini selama 20-20 menit sebanyak 3-4 kali setiap minggunya.

2. Bersepeda

Tak jauh beda dengan joging, bersepeda juga bisa membakar sampai 288 kalori per 30 menit dalam kecepatan 19-23 kilometer per jam.

Penelitian menunjukan kalau olahraga ini juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Latihan Beban

Latihan yang satu ini sangat populer di kalangan orang-orang yang ingin menurunkan berat badan sekaligus membentuk otot.

Latihan beban selama 30 menit setidaknya bisa membakar 180 kalori tubuh. Selain itu, penelitian menunjukkan kalau tubuh akan terus membakar kalori berjam-jam setelah latihan beban.

4. Latihan Interval

Jenis latihan ini umumnya dilakukan selama 10–30 menit dan dapat membakar banyak kalori.

Studi mengungkapkan kalau latihan interval bisa membakar 25–30 persen kalori lebih banyak ketimbang olahraga lainnya.

Penelitian juga menunjukan kalau latihan ini efektif dalam membakar lemak perut yang berkaitan dengan penyakit kronis.

5. Berenang

Berenang adalah cara yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan sekaligus membentuk tubuh.

Jenis olahraga ini bisa membakar 216 kalori setiap setengah jam berenang. Penelitian mengungkapkan kalau gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung dan gaya bebas membakar lebih banyak kalori daripada gaya lainnya.

Olahraga ini juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk orang yang mengalami cedera atau nyeri sendi.

6. Yoga

Yoga seringkali lebih ditujukan untuk menghilangkan stres. Meskipun jarang  dianggap sebagai latihan penurunan berat badan, latihan ini ternyata membakar cukup banyak kalori.

Latihan yoga selama 30 menit tenyata

bisa membakar sekitar 144 kalori. Bukan cuma menurunkan berat badan, latihan ini juga bisa meningkatkan kesehatan mental.

7. Pilates

Sama seperti yoga, pilates ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan dan membuat tubuh tampak lebih ramping. Berlatih pilates selama 30 menit saja sudah membakar 108 kalori.

Meskipun tidak membakar kalori sebanyak latihan aerobik, sebagian besar orang lebih menikmati latihan ini karena terasa menyenangkan.

Selain menurunkan berat badan, pilates dapat mengurangi nyeri punggung bawah, meningkatkan kekuatan, keseimbangan, fleksibilitas, daya tahan, dan meningkatkan kebugaran fisik.

Supaya hasilnya lebih maksimal,  gabungkan pilates dengan diet sehat dan olahraga lain seperti latihan beban atau kardio.
Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline

Populer