23 C
Makassar
Sabtu, April 17, 2021
BerandaMobileApple Rilis Cara Sejumlah Platform Saat Kumpulkan Data Penggunanya

Apple Rilis Cara Sejumlah Platform Saat Kumpulkan Data Penggunanya

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Apple baru saja merilis sebuah dokumen berjudul A Day in the Life of Your Data. Laporan itu membongkar cara sejumlah platform saat mengumpulkan data penggunanya.

Dokumen itu mencatat jika aplikasi mobile memiliki enam pelacak dari pihak ketiga, tujuannya untuk mengumpulkan dan melacak pengguna serta mengumpulkan informasi pribadi pengguna, dikutip Wccftech dari CNBC Indonesia, Selasa (2/2/2021).

Pengumpulan ini dilakukan dari berbagai jenis data dan sumber. Data-data itu lalu disatukan, dibagikan, dikumpulkan serta dimonetisasi hingga nilai industri ini bisa mencapai US$227 miliar atau Rp 3.178 triliun pertahunnya.

Parahnya lagi para pengguna tak sadar jika data mereka sedang dikumpulkan oleh aplikasi di sekitar mereka. “Ini terjadi setiap hari, seiring kegiatan orang sehari-harinya. seringnya tanpa diketahui atau izin mereka,” tulis Apple dalam dokumen tersebut.

Apple menuliskan contoh kasus pengumpulan data dalam kehidupan John dan anaknya Emma yang hanya ingin pergi ke taman. Pada awalnya, John melihat cuaca, membaca berita dan mengecek peta di aplikasi pada smartphone-nya sebelum melakukan aktivitasnya.

Apple menuliskan, selama perjalanan keduanya ada empat aplikasi dalam ponsel John yang mengumpulkan dan melacak data lokasi secara periodik. Lalu setelah data diekstrak, pengembang aplikasi menjualnya untuk broker pihak ketiga yang dikatakan belum pernah didengar John.

Menurut Apple, walaupun data diklaim anonim namun pelacakan mencocokkan riwayat lokasi John dari aplikasi dengan informasi yang dikumpulkan saat dia menggunakan ponselnya.

“Ini artinya informasi dilacak dari aplikasi yang berbeda dan sumber yang berbeda, perusahaan atau lembaga membeli datanya dan bisa digunakan untuk membuat profil komprehensif mengenai dia termasuk pergerakan sehari-harinya,” ujar pihak Apple.

- Advertisment -

Headline