31 C
Makassar
Selasa, Februari 7, 2023
BerandaHealthTips Menyelesaikan Pekerjaan Saat Sakit Flu

Tips Menyelesaikan Pekerjaan Saat Sakit Flu

- Advertisement -

SULSELSKPRES.COM – Saat terkena flu, biasanya hal yang dibutuhkan adalah istirahat di rumah. Namun, sebagai seorang pekerja, terkadang ada beberapa hal yang mengharuskan kamu tetap bekerja saat sedang sakit. Salah satu contohnya adalah tugas yang sudah mendekati due date atau batas waktu penyelesaian.

Hal tersebut tentu saja bisa jadi sangat memusingkan, kan? Makanya, kamu butuh cara tepat dalam menyelesaikan pekerjaan meski sedang sakit.

Penyebab dan Risiko Flu di Kalangan Pekerja

Flu merupakan salah satu penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini mudah menular melalui percikan air liur penderitanya saat bersin atau batuk. Nah, ketika cuaca sedang tak menentu, flu lebih mudah berkembang dan menular.

Sebagai seorang pekerja yang harus setiap hari berangkat ke kantor dan menghabiskan banyak waktu di tempat kerja, kamu memiliki risiko besar tertular penyakit ini, misalnya saja karena:

  • Kurang istirahat dan imunitas sedang menurun
  • Berdekatan dan mengobrol dengan rekan kerja yang sudah terpapar virus flu tanpa memakai masker
  • Tidak rutin mencuci tangan dan sering menyentuh area wajah, mata, dan hidung dengan tangan yang kotor
  • Belum mendapatkan vaksin influenza

Terkena flu memang bukanlah alasan untuk tidak bisa mengerjakan tugas kantor. Namun, kenyataannya memang cukup sulit untuk tetap produktif di kala tubuh sedang tidak fit.

BACA JUGA :  Ibu Hamil Terkena Flu ? Begini Cara Mengatasinya

Agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaan saat sakit flu, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan, yaitu:

Minta izin atasan untuk bekerja dari rumah

Umumnya, gejala sakit flu akan terasa lebih berat pada hari ketiga dan keempat. Nah, makanya selama kamu sakit, sebaiknya kamu meminta izin atasan untuk bekerja dari rumah atau WFH saja. Selain bisa menurunkan risiko penularan flu ke rekan kerja, selama bekerja dari rumah pun kamu bisa beristirahat.

Tenang saja, jika tidak ada penyakit lain dan sistem imunmu baik, sakit flu biasanya akan sembuh setelah 1 minggu, kok. Sesudah gejalanya reda dan tubuh lebih fit, kamu pun bisa kembali beraktivitas normal.

Konsumsi makanan atau minuman yang baik untuk stamina tubuh

Selama sakit dan pemulihan, kamu perlu mengonsumsi makanan yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, seperti makanan tinggi vitamin C, sayuran berdaun hijau dan aneka buah, serta makanan berkuah, seperti sup ayam dan kuah kaldu.

BACA JUGA :  Kehujanan Bisa Bikin Sakit, Ini Kiat Agar Pencegahannya

Selain makanan, ada juga beberapa minuman yang baik untuk stamina, seperti jus buah atau sayur tanpa gula, air madu, teh jahe, juga teh herbal. Selain itu, pastikan tubuhmu cukup cairan dengan rajin minum air putih, ya.

Buat daftar pekerjaan berdasarkan prioritas

Kalau tidak bisa cuti karena ada pekerjaan penting yang harus diselesaikan, kamu perlu membuat daftar pekerjaan berdasarkan prioritas. Dengan cara ini, kamu bisa menyelesaikan tugas kantor dari yang paling mendesak atau paling penting dahulu.

Jadi, walau sedang terkena flu dan gejala yang dialami mungkin sedang buruk, tugas kantor tetap bisa kamu selesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Atur waktu istirahat

Selama bekerja dari rumah saat sedang flu, kamu tetap perlu mengatur waktu untuk beristirahat yang cukup, agar imunitas tubuhmu kuat untuk melawan virus.

Cobalah untuk beristirahat secara berkala dengan sekadar merebahkan badan tiap beberapa jam. Bila memungkinkan, coba untuk tidur siang sejenak. Bila kondisi tubuhmu memang tidak fit, mintalah izin ke atasan untuk beristirahat dahulu dan melanjutkan pekerjaan setelahnya.

Konsumsi obat flu yang tepat

Untuk membantu meringankan gejala, kamu juga bisa mengonsumsi obat flu yang tepat. Ada beberapa kandungan obat bebas yang memang ditujukan untuk mengatasi gejala flu, misalnya:

  • Paracetamol, untuk meredakan demam dan nyeri
  • Dexchlorpheniramine maleate, untuk mengatasi gejala alergi dan peradangan di hidung (rhinitis)
  • Phenylpropalamine, untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat.

Jangan biarkan produktivitas di kantor terhambat dan pekerjaan jadi menumpuk. Untuk meredakan demam, pusing, serta hidung tersumbat, ambil langkah cepat dengan mengonsumsi obat flu yang mengandung bahan tersebut.

BACA JUGA :  Ternyata Jenis Sayuran Ini Bisa Obati Flu

Seperti yang telah dijelaskan di awal, gejala flu biasanya bisa mereda sendiri dalam waktu 1 minggu. Namun, bila penyakit flu kamu abaikan dan kesehatanmu juga tidak dijaga, kondisinya bisa saja memburuk. Hal ini tentu akan sangat mengganggu aktivitasmu, apalagi bila kamu harus tetap bekerja saat sakit.

Makanya, coba deh terapkan tips-tips di atas supaya kamu bisa tetap produktif saat sakit dan bisa cepat pulih.

Selain itu, agar tidak mudah terinfeksi virus influenza, kenakanlah masker saat berada di luar rumah atau ketika berdekatan dengan orang yang sedang sakit flu. Pastikan pula kamu rutin berolahraga dan tidur yang cukup, agar tidak gampang sakit. Penting juga untuk mendapatkan vaksin influenza setiap 1 tahun sekali.

Bila setelah menerapkan tips-tips di atas tetapi gejala flu yang kamu rasakan tidak membaik atau justru muncul gejala lain, seperti dada terasa sakit, sulit bernapas, otot terasa sangat nyeri, atau kejang, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.(Alodokter)

spot_img

Headline

Populer