31 C
Makassar
Minggu, September 25, 2022
BerandaHealthHubungan Antara Stres dengan Kesehatan Lambung

Hubungan Antara Stres dengan Kesehatan Lambung

- Advertisement -

SULSELEKSPRES.COM – Salah satu dampak buruk stres pada kesehatan fisik adalah munculnya masalah lambung. Ketika seseorang mengalami stres, sistem saraf simpatik, yaitu bagian dari sistem saraf otonom tubuh yang mengatur fungsi tubuh seperti detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah, merespons dengan mengaktifkan respons “fight or flight“.

Respons tersebut membuat hormon stres kortisol dilepaskan, sehingga membuat tubuh waspada dan siap menghadapi ancaman. Ketika stres mengaktifkan respons “fight or flight” di sistem saraf pusat, hal itu bisa memengaruhi sistem pencernaan dengan:

Menyebabkan spasme otot di kerongkongan.

Meningkatkan asam di perut, yang menyebabkan sakit maag.

Membuat kamu merasa mual.

Menyebabkan diare atau sembelit.

Selain itu, para pekerja juga cenderung memiliki gaya hidup yang tidak teratur saat stres. Pekerjaan yang menumpuk dan deadline di depan mata membuat para pekerja cenderung melewatkan jadwal makan, mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat, dan mengonsumsi kafein secara berlebih.

Nah, semuanya itu berkontribusi pada kambuhnya sakit maag dan gangguan pencernaan lain. Jadi, penting untuk mengendalikan stres dengan baik guna mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan.

Tips Mengatasi Stres Kerja

Mengingat stres bisa memicu banyak masalah kesehatan, penting untuk melakukan langkah-langkah untuk ‘recovery’, yaitu proses mengembalikan gejala stres kerja ke tingkat pra-stres. Penting untuk dicatat, proses tersebut tidak hanya penting dilakukan ketika kamu sedang kewalahan dengan pekerjaan saja. Namun, jadikanlah recovery sebagai kebiasaan atau latihan rutin untuk menjaga produktivitas.

Berikut adalah beberapa cara untuk recovery dari stres kerja:

Lepaskan Diri secara Psikologis dari Pekerjaan
Setelah menjalani hari yang panjang dan melelahkan di kantor, penting untuk beristirahat. Saat beristirahat, lepaskanlah diri kamu sepenuhnya baik secara fisik dan psikologis dari pekerjaan. Berhentilah memikirkan pekerjaan dan lakukanlah hal-hal yang bisa meningkatkan suasana hati. Contohnya seperti bermain video game, dan lain-lain.

Ambil Istirahat Sejenak Saat Bekerja

Recovery stres tidak hanya bisa terjadi setelah liburan panjang. Penelitian menunjukkan bahwa mengambil waktu istirahat pendek, sekitar 10 menit selama hari kerja ternyata sangat efektif untuk memulihkan stres kerja.

Lakukan Aktivitas Recovery sesuai Preferensi

Ada pekerja yang memulihkan diri mereka dari stres dengan makan siang dan ngobrol bersama teman-teman. Namun, bagi pekerja lain yang tidak terlalu suka bersosialisasi, hal itu mungkin bisa membuat mereka lebih stres. Jadi lakukanlah aktivitas yang kamu sukai untuk recovery.

Lakukan Kegiatan yang Aktif untuk Recovery

Rebahan atau bermalas-malasan sambil menonton film memang bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi stres. Namun, tahukah kamu bahwa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang lebih aktif bisa memulihkan stres lebih efektif. Contohnya, berolahraga, melakukan hobi tertentu, belajar sesuatu yang baru, dan lain-lain.

Sumber: halodoc.com

spot_img

Headline